Pelaku UMKM Tasikmalaya Didorong Bisa Mendunia

Menparekraf, Sandiaga Uno/Ist
Menparekraf, Sandiaga Uno/Ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Mall Asia Plaza, Tasikmalaya.


Program ini memberikan kesempatan dan mendorong masyarakat untuk dapat bangkit membangkitkan perekonomian di tengah melandainya kasus Covid-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Tasikmalaya yang telah berpartisipasi di acara Apresiasi Kreasi Indonesia. Ini adalah upaya kita untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata Sandiaga Uno di Mall Asia Plaza, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (18/6) kemarin.

Sandi menuturkan, acara ini dapat menghadirkan juara-juara bagi pelaku UMKM untuk bisa mendunia atau Go Global. Sehingga hal itu tidak hanya berdampak pada kemajuan ekonomi pelaku UMKM tapi juga Indonesia khususnya di era digitalisasi.

"Saya harapkan dari acara ini akan hadir juara-juara produk UMKM ekonomi kreatif kita yang bisa mendunia. Dengan peningkatan penghasilan dari pada UMKM yang sudah masuk kedalam era digitalisasi," ujarnya.

Pada tahun ini Indonesia naik dua peringkat sebagai pariwisata halal yang sekarang nomor dua di dunia setelah Malaysia. Ini merupakan hasil dukungan kita dengan konsep tambahan layanan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sandi mengakui akan meningkatkan ekonomi pariwisata halal di indeks 75 persen. Hal ini diharapkan dapat menjadikan pariwisata Indonesia menjadi nomor satu di dunia.

"Kita dalam proses memperbaiki ekosistem pariwisata halal dan saya mencanangkan 2025 indeks naik di 75 persen, sehingga kita mudah-mudahan menjadi mengungguli menjadi nomor satu di dunia," tutur Sandiaga.

Kehadiran Sandi menjadi bukti nyata untuk berkontribusi pada percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dalam membuka lapangan kerja seluas-luasnya melalui ekonomi kreatif. Adapun acara ini memilih salah satu finalis per kota untuk memiliki pengalaman pameran Nasional di pekan puncak AKI 2022.

Dalam kegiatan ini Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 menjalin kolaborasi dengan Mitra Strategis. Di antaranya dari Shopee, Gopay, Goplay, serta aplikasi Qasir.